Kamis, 27 Maret 2014

Sarapan Ala Food Combining

Tadi pagi tak sengaja sebelum pergi kerja, ada pembicaraan singkat antara saya, ateu bogor dan mba diah.

Kebiasaan saya yang selalu sarapan pagi dengan menu nasi dan lauk pauk, ternyata sedikit di protes oleh ateu ateu saya yang cantiik ini :D. mereka bilang kalo sarapan baiknya jangan karbohidrat seperti nasi karena kalao kita makan pagi (baca sarapan) terlalu berat menu nya nantinya akan membuat kita ngantuk pada saat beraktifitas, apalagi kalau kita banyak beraktifitas di depan komputer yang cenderung pasti akan mengantuk. makanya diusahakan sarapan pagi yang ringan tetapi membuat tubuh kita kuat menjalani hari.

hmm.. iya juga sich.. saya jadi teringat pada saat saya menyusun skripsi.. salah satu ahli gizi mengatakan bahwa sarapan itu sangat penting karena bisa dibilang sebagai bahan bakar pada saat kita menjalani aktifitas, makanya kalo sarapan kita sehat insya alloh tubuh kita akan ikut sehat. seperti yang diungkapkan di http://www.webku.net/  bahwa : 

Sarapan Karbohidrat
Di pagi hari, karbohidrat simple (cereal olahan, roti putih, roti panggang, nasi) akan menyebabkan kenaikan level gula darah yang mendadak, yang menyebabkan badan melepaskan jumlah insulin yang cukup besar. Hasilnya adalah penurunan tingkat kadar gula dalam darah dan keinginan untuk makan lebih banyak karbohidrat. Siklus ini berulang 2-3 kali sehari. Dan siklus naik turunnya kadar gula dalam darah ini memperberat kerja pankreas dan memperlemahnya. Ini adalah salah satu alasan utama penyebab Diabetes, tekanan darah tinggi dan kenaikan berat badan.

hm.. sekarang jadi harus pintar pintar membuat sarapan.. minimal untuk diri kita sendiri.. apalagi kalo masih muda.. kita harus bisa menjaga diri kita untuk tetap sehat.. SETUJU !!!! :D

dan, menurut ateu bogor , katanya sarapan yang baik itu kita cukup dengan meminum air puth hangat, perasan jeruk nipis dan madu.. itu disebut juga dengan sarapan ala food combining.. boleh juga!!
dan saking penasaran nya apa ga apa apa gitu kalo pagi - pagi minum jeruk nipis kan belum sarapan nasi ?? 

Let's asking to uncle Google.... :D


Menurut info daro website http://wolipop.detik.com/ Untuk sarapan, pelaku food combing disarankan mengonsumsi buah segar. Kenapa harus buah segar? Untuk memahaminya Anda perlu lebih dulu mengenal sistem tubuh. Tubuh memiliki siklus biologis dalam melakukan metabolisme yang biasa disebut ritme sirkadian.

ini salah satu menu yang bisa dijadikan sarapan ala food combining :

Smoothie Pisang-Nanas-Stroberi (untuk 2 porsi)
Bekukan 2 buah pisang Cavendish dalam freezer, kupas, potong 3 cm, masukkan ke dalam blender. Tambahkan 6 buah stroberi dan 150 ml jus nanas. Proses hingga lembut. Nikmati segera. 

Lassi Mangga-Apel (untuk 2 porsi)
Kupas 1 buah mangga arumanis (400 g), potong dadu. Haluskan dalam blender bersama 50 ml jus apel. Simpan dalam freezer hingga agak beku (20 menit). Selanjutnya, blender bersama 150 ml yogurt polos. Nikmati segera. 


Selamat Mencobaa... :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar