Senin, 05 Januari 2015

Bandung Menuju Kota Ekonomi Kreatif

Menurut beberapa sumber, ekonomi kreatif adalah sebuah konsep yang menempatkan kreativitas dan pengetahuan sebagai aset utama dalam menggerakan ekonomi. ada pula yang menyebutkan bahwa ekonomi kreatif merupakan konsep ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide.

Ekonomi kreatif dilakukan sebagai salah satu cara menaikan potensi ekonomi daerah. salah satunya Kota Bandung, yang disebut sebagai kota kreatif yang mendapatkan dukungan penuh dari walikota Bapak Ridwan Kamil dalam rancangannya menuju kota kreatif di Indonesia. Peluang ekonomi kreatif di Kota Bandung sangat potensial, mengingat kota Bandung memiliki SDM yang kreatif yang menghasilkan ide - ide yang unik.

Potensi - potensi yang bisa dikembangkan dalam rangka pertumbuhan ekonomi kreatif di kota Bandung adalah

1. Bisnis Kuliner, kuliner Bandung yang beranekaragam menjadikan banyaknya wisatawan yang datang untuk berwisata kuliner, apalagi dengan digelarnya acara culinary night di Braga dan merambah ke tiap kecamatan akan menumbuhkan ekonomi daerah.

2. Bisnis Fashion, banyaknya FO yang muncul menjadikan kota Bandung  menjadi salah satu pusat fashion di Indonesia. Apalagi saat ini tren fashion hijaber sedang disenangi para wanita, peluang ini harus dimanfaatkan oleh para pengusaha muda untuk menunculkan ide - ide bisnis fashion baru.


3. Bisnis Design, bisnis design atau ide menjadi tren bisnis di tahun tahun mendatang menurut Pak Ridwan Kamil. Maka dari itu para anak muda Bandung khususnya harus memiliki ide ide kreatif yang bisa membantu semua permasalahan yang ada di kota Bandung yang tak hanya bicara tanpa ada aksi nyata.


siapkan mental, siapkan ide - ide dalam berbisnis agar kita dapat membantu terwujudnya Bandung menuju kota ekonomi kreatif sehingga kita bisa bersaing dengan negara negara tetangga dalam mengadapi pasar bebas ASEAN.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar