Rabu, 16 April 2014

Penantian Panjang Mengenakan "Baju Kebesaran"

15 April 2014

Teringat setahun yang lalu, di bulan yang sama namun di tanggal yang berbeda, saya untuk pertama kalinya mengenakan "Baju Kebesaran" yang membutuhkan perjuanagn 4 tahun lebih untuk bisa mengenakannya
\(^,^)/



Pagi itu, saya bersiap bersama keluarga menuju kampus tercinta UPI penuh semangat, penuh harap hari ini menjadi hari bersejarah dalam hidup saya... akhirnyaa saya bisa mengenakan baju ini setelah saya harus menunggu selama 3 bulan. mengapa harus menunggu?? beginilah ceritanya...

Bulan November setelah saya beres menyusun tugas akhir (sebut saja Skripsi) bulan ini adalah bulan yang saya tunggu - tunggu, bulan ini saya melaksanakan Ujian sidang. Degdegan, senang dan antusias tentunya karena gelar sarjana sudah di depan mata #Semoga.

Sidang skripsi pun dimulai, saya dengan hasil "buah pikir" saya selama 6 bulan ada di tangan. berusaha memahami setiap detil di dalam nya, takut - takut saya tidak bisa menjawab pertanyaan dari dosen penguji.

Giliran saya masuk ruang sidang,  degdegan, grogi dan sempat hilang konsentrasi itulah yang saya rasakan saat itu. saya duduk di depan ke dua penguji karena satu penguji lagi ada halangan. presentasi pun dimulai, saya memaparkan apa yang saya kerjakan selama kurang lebih 6 bulan.
presentasi pun selesai, tahukah kamu apa yang selanjutnya terjadi?? saya di cecar habis - habisan oleh penguji... kaget iya... pengen nangis pastinya...

saya hanya bisa menjawab seadanya saja, kehilangan kata - kata dan rasanya ingin cepat cepat keluar dari ruangan ini.

Sidang pun selesai, saya hati saya merasa... pasti saya mendapatkan hasil yang kurang baik hari ini. menunggu sekitar 4 jam saat itu, saya dan kawan kawan kembali memasuki ruangan untuk mengetahui hasil dari sidang skripsi hari ini.

2 nama telah disebutkan dengan hasil "LULUS", saya harusnya dipanggil di absen ke tiga saat itu, namun mengapa saya terlewat? pasti ada yang tidak beres gumam saya dalam hati. dan ternyata benar saja hingga absen terakhir nama saya tidak disebutkan. kembali ... rasa pengen pingsan, nangis dan kabur dari ruangan ini...

saya pun segera mendatangi Prodi untuk memastikan kejelasan status saya. dan saat itu saya menghadap ketua prodi, sang ketua prodi pun menjelaskan bagaimana status saya. setelah mendengar hasil khir dari sidang hari ini.. keheningan tiba - tiba muncul... air mata tiba - tiba jatuh, segera ku hapus karena tak ingin ku perlihatkan kesedihanku ini pada kawan kawan yang sedang bergembira hari ini.

Namun ternyata, saya salah.. tak bisa ku sembunyikan rasa sedihku ini pada kawan kawanku... air mata yang terus mengalir saat itu rasanya sulit untuk dibendung,

saya diberi kesempatan untuk memperbaiki skripsi saya selama satu bulan hingga bulan Desember. saya pun bersiap, namun terkadang ada perasaan mampukah saya memperbaiki semuanya? sedangkan skripsi saya yang dikerjakan selama 6 bulan saja masih harus di perbaiki, apalagi ini yang hanya 1 bulan?

Namun, kawan - kawan terdekat saya D'belle (Bahasa perancis : Cantik) selalu menyemangati saya, bahwa saya bisa melakukannya..

Satu bulan penuh, saya berjuang, mempertaruhkan hidup dan mati saya, memperjuangkan nama baik saya dan keluarga.

waktunya pun tiba, satu bulan saya telah berjuang menyelesaikan perbaikan skripsi. saya menuju ketiga dosen penguji dan memaparkan kembali perbaikan skripsi yang telah saya jalani.

Dan akhirnyaa.... saya mendapatkan semua tanda tangan ketiga dosen penguji, itu artinya mereka menyetujui hasil perbaikan skripsi saya.

satu bulan penuh, saya tidur kurang dari 5 jam
satu bulan penuh, saya harus meyakinkan diri bahwa saya bisa melakukan ini
satu bulan penuh, perjuangan yang harus saya lakukan demi mengenakan "Baju kebesaran"

kembali, air mata jatuh di pipi saya. bukan karena sedih namun karena gembira dan senang. perjuangan saya selama satu bulan penuh ternyata tidak sia - sia. ^^

Terima kasih untuk orang - orang yang saat itu ada di samping saya, terus menggenggam tangan, dan memeluk saya, memberikan semangat yang tak henti pada saya. Karena Tanpa kalian semua mungkin saya tidak akan berhasil melewati semuanya, sekali lagi terima kasih banyak ....( ^,^)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar