Senin, 07 April 2014

Bikin CV Kamu STAND OUT !!!



Pagi tadi saya baca statusnya pa Rulii di Facebook, isinya..


Tips Menulis Email Lamaran Kerja

7 April 2014 at 06:50

Mas Heri,..

Terima kasih email lamaran nya.

Karena tiap hari saya terima ratusan email lamaran kerja,
Saya sebagai yang baca lamaran mas Heri ada sedikit kritik, supaya lamarannya menarik untuk dibaca.
Karena kalau tidak menarik dibaca, mana mungkin dilanjutkan ke tahap selanjutnya, salah salah malah langsung delete saja.

1. Biasakan kirim email tertuju hanya satu tujuan.  Kalau seperti email mas Heri dibawah yang tujuannya buanyuaaak…., selain tidak sopan, jika saya tidak buka, saya akan pikir “ biar saja saya tidak buka, toh orang lain akan buka”, nah… kalau semua yang dikirim berpikiran sama, berarti email sebenyak apapun tidak akan dapat tanggapan.

2. Biasakan menulis “Subject”. Isi saja dengan “Lamaran cook Indonesia ditempatkan di mana saja. Email tanpa subjek hampir selalu digolongkan sebagai Spam. Sehingga langsung tidak bisa dibuka oleh system computer.

3. Biasakan menulis surat lamaran dalam isi / body email. Yang mas Heri lakukan adalah surat lamaran + CV dilampirkan / attach, pun misalnya ada yang buka email mas Heri, selain untuk memudahkan yang buka juga mendapatkan email kosong tanpa isi, akan menganggap email mas Heri main main saja.

4. CV harus menjelaskan pengalaman disertai dengan keterangannya; alamat restoran / catering nya di mana? Selama di sana menjabat apa? Tanggung jawabnya apa saja? Prestasi mas Heri apa saja ? misal, “saya dan tim sempat melayani pernikahan 1000 pax”. Jadi pembaca lamaran mas Heri akan berpikir, “Orang ini patut dicoba”.

5. Alangkah lebih bagusnya jika lamaran mas Heri dilengkapi dengan scan surat keterangan kerja (verklaring van tewerkstelling). Dari pemberi kerja sebelumnya.

6. Foto yang mas heri sampaikan sebaiknya pasfoto studio yang professional ya. Minimal gunakan kemeja, jangan pernah gunakan foto selfie.

7. Terakhir,… akan lebih bagus, kalau alamat emailnya sebaiknya gunakan yang profesional. misal HeriCookPastry@***.com... tampaknya lebih baik dari nama julukan dijadikan alamat email.

Hanya sekedar saran saja. Selamat cari kerja lagi…. Good luck for your career endeavor.

Terima kasih


Rulli Rissapertama A.S.
Konsultan, Direktur


NUFIZA TATACARA ANUGERAH
CV.NUFIZA TATACARA ANUGERAH 

Komplek Ruko Surapati Core F26
Jl KH Mustoffa no 39
Bandung 40192
Telp : +62 22 92958000

info@konsultankatering.com

From: Heri Doyok [<a>mailto:*****@***.co.id</a>] 
Sent: Monday, April 07, 2014 04:06
To: <a>****@grandtjokro.com</a>;
<a>***@kampoengsemarang.com</a>; <a>****@gmail.com</a>; <a>recruitment.****@gmail.com</a>; <a>***@mercurepalu.com</a>; <a>chef.***@gmail.com</a>; <a>****chefasian@yahoo.com</a>; <a>****@madame-lily.com</a>; <a>***chef@yahoo.com</a>; <a>***.****@gmail.com</a>; <a>*****@thetranshotel.com</a>; <a>fbm@*****.com</a>; <a>*****@gmail.com</a>; <a>Info@konsultankatering.com</a>; <a>******@yahoo.com</a>
Subject:


Saya jadi Teringat awal mula saya mencari kerja setelah lulus kuliah. Pada saat itu dalam benak saya ada 2 hal yaitu, memcari pekerjaan di luar Bandungdan melamar pekerjaan dengan buget yang sangat rendah pilihan saya waktu itu adalah mengirimkan lamaran via email. selain harga yang relatif murah karena kita hanya mngeluarkan uang untuk menyewa warnet selama kurang lebih 2 jam saya dan uang untuk menscan data diri seprti KTP, Ijazah, sertifikat Dll.
Berikut ini adalah beberapa tahapan pada saat saya melamar perkerjaan setahun yang lalu.
1. Buka google, fokuskan kita akan melamar kerja di bidang apa dan sebagai apa
2. Cari perusahaan yang sesuai dengan fokus kita
3. Cari Perusahaan yang memiliki alamat email
4. Buat Cv kita Berbeda dari Biasanya
5. Lampirkan pula Scan KTP, Scan Ijazah, Scan sertifikat Dll


Pada saat kita membuat sebuah CV (Curiculum vitae) usahakan kita mencari reverensi, manfaatkan google, majalah, koran ataupun melihat contoh Cv teman atau rekan. 
Mungkin gambar diatas adalah salah satu contoh cv yang biasa digunakan oleh orang orang. Usahakan kamu buat Cv yang menarik pihak perusahaan untuk membuka dan membaca CV kamu. Berikut beberapa contoh CV yang menurut saya menarik yang ambil dari Google.


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar