Sabtu, 05 April 2014

Creativology @ Graha Sanusi UNPAD


Bandung
Sabtu, 5 April 2014

Weekend ini baru saja dimulai, Acara di  Graha Sanusi (UNPAD) mengenai seminar "Creativology" yang diadakan oleh Mahasiswa Himpunan Administrasi Negara. Acara yang selalu digelar setiap tahunnya namun, untuk tahun ini panitia mengusung
tema mengeai fotografi, seminar ini diawali dengan lomba fotografi yang lebih dulu digelar, karya fotografi yang dipamerkan seakan menyambut para peserta seminar siang tadi.

Akhirnya setelah menunggu kira - kira satu jam, acara pun dimulai. diawali dengan pembacaan doa, kreasi seni dari mahasiswa unpad yang menarikan tarian merak.. sungguh indaah :D
Setelah acara hiburan selesai.. akhirnya acara yang ditunggu tunggu dimulaaiii :D....!!!!!
Seorang fotografer senior yang sudah malang melintang dia adalah Pa Don Hasman
 dan seorang fotografer yang tak kalah senior dan terkenal Mas Darwis Triadi.


Hanya Foto, Benda Yang Bisa Menghentikan Waktu

Pa Don Hasman.. saya baru sekali ini bertemu dengan beliau. saya tidak terlalu familiar dengan beliau. Namun setelah saya mendengarkan rekam jejak beliau di dunia fotografi dan travelling.. sungguh luar biasa !! pria yang sudah berusia lebih dari setengah abad ini masih saja tetap sehat dan bugar. Pa Don sudah hampir pernah berkeliling dunia hanya dengan keahlian fotografinya.. beliau telah banyak menikmati asam garam dunia fotografi. hmmm jadii tambaah cinta sama Fotografi dan Travelling :D semoga saya bisa seperti beliau keliling dunia ... 
dan saya pun mengajukan pertanyaan pada beliau, tempat /negara mana di belahan bumi ini yang paling berkesan untu beliau dan apa alsannya ? jawaban beliau adalah baanyaak sekali tempat indah di belahan bumi ini, namun bagi beliau di negara perancis di salah satu wilayahnya *saya lupa tepatnya wilayah apa menurut beliau di daerah ini beliau bisa merasakan toleransi anatara umat beragama, beliau merasakan kedamaian dalam perbedaan. 
setelah saya, ada satu pertanyaan unik. dibilang unik karena menurut Pa Don, pertanyaan ini sudah beliau jawab lebih dari belasan kali.. hihihi
pertanyaannya adalah.. apa yang menjadi alasan Pa Don menjadi seorang fotografer dan sudah berprofesi di bidang ini lebih dari 30 tahun. Beliau pun menjawab.. alasan beliau ingin menjadi seorang fotografer adalah karena melihat kakaknya, dulu Pa don sangat tertarik ketika melihat kakaknya memotret dirinya dan keluarga. dalam benaknya ada benda yang begitu unik, yang bisa merekam benda asli hingga detail seperti itu dan menurut beliau hanya dengan foto waktu dapat dihentikan. dengan foto dapat bercerita, dengan foto akan selalu ada kisah yang tak lekang oleh waktu.



Setelah Pa Don selesai menyampaikan pengalaman nya, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh mas Darwis. Waktu sharing sekitar 1 jam tak terasa, mungkin karena saya begitu antusias mengenai materi yang disampaikan oleh mas Darwis :D.

Sebarkan Energi Positif

Mas Darwis triadi memulai perbincangan di Graha Sanusi siang tadi dengan sedikit guyonan, Bandung dingin katanya dan nampaknya beliau salah memilih celana :D dengan celana selutut mas Darwis kedinginan dan memang siang tadi Bandung tengah di guyur oleh hujan.
sebelum menceritakan pengalamannya, Mas Darwis bercerita tentang bagaimana fotografi itu. banyak yang salah kaprah tentang fotografi, menurut beliau fotografi adalah merekam cahaya yang ada. Bagi Mas Darwis, penggunaan cahaya berlebih itu kurang baik, karena objek yang kita ambil tidak akan terlihat alami. fotografi itu seperti kehidupan, kita hidup dengan satu cahaya yaitu matahari. itu pun yang mas Darwis terapkan dalam fotografi. Mengapa harus menggunakan banyak cahaya? bayangkan saja kalau di dunia ini ada 3 sumber cahaya pasti akan kiamat begitu pula fotografi. 

Untuk menjadi seorang fotografer yang profesional, ada 3 hal hal yang sangat penting menurut mas Darwis yaitu Spirit, Motivasi, dan Mentality. Spirit, maksudnya adalah untuk menjadi seorang fotografi kita harus mempunyai semangat yang tinggi karna dengan semangat yang tinggi kita akan terus berkarya. Motivasi, maksudnya motivasi kita dalam fotografi harus terus di asah dan terus dikembangkan sehingga kita dapat menciptakan karya karya yang luar biasa. Dan terakhir adalah Mentality, kita harus memilki mental diri, sikap yang tangguh, yang baik, yang keras sehingga kita dapat dikenal sebagai fotografer yang punya prinsip. 

Perbincangan pun semakin seru, kini saatnya sesi tanya jawab dan saya pun pastinya tak akan melewatkan kesempatan emas ini dalam hidup saya *ASEEK !!! :D
saya pun mengacungkan tangan, dan akhirnya saya pun mendapat giliran bertanya setelah tiga pertanyaan sudah dijawab mas Darwis.

saya mengajukan 3 pertanyaan *Ngeborong Mumpung Ketemu Langsung  :D
1. apa yang ada dalam pikiran mas Darwis sebelum mas darwis memotret seorang model sehingga dapa menghasilkan karya yang berbeda dan terkesan unik ?
2. siapa artis yang paling ribet yang mas Darwis ambil fotonya 
3. sedikit curhat, :D saya sekarang sedang sekolah fotografi dan memfokuskan diri di food photograpy. menurut mas Darwis trik/teknik apa yang harus kita miliki agar foto yang kita hasilkan terlihat menggoda mata ?

dan ini jawaban dari Mas Darwis Triadi...
1. usut punya usut ternyata mas Darwis triadi sekolah fotografi dan ada salah satu mata kuliah yang membahas anatomi tubuh manusia. maka pastilah mas Darwis tahu betul bagian mana yang menarik *Menurut mas Darwis dari tubuh seorang wanita.
2. menurut mas darwis, beliau belum pernah menemui artis yang riber/rese pada saat sesi pemotretan. karena pada saat memotret apalagi seorang wanita kita harus memberkan energi positif sehingga model pun akan terbawa positif sehingga hasilnya pun akan maksimal
3. Food photograpy atau lebih dikenal dengan Still Life Photograpy, tak akan trik khusus. hanya kita harus tahu dimensi dan komposisi sehingga kriuk nya makanan dapay terlihat jelas. mas Darwis pun memaparkan dalam memotret makanan tak harus menggunakan banyak lampu tambahan/Flash. cukup simpan makanan di luar rangan /Teras dan manfaatkan cahaya dari matahari langsung makan hasilnya pun akan maksimal. 

Alhamdulilah.. akhirnya bisa ketemu dan  bertanya langsung sama mas Darwis Triadi :D tapi sayang waktunya kurang lama... padahal masih banyak sekali pertanyaan yang belum tersampaikan.. mudah mudahan lain waktu saya bisa bertemu dan bertanya banyak tentang fotografi sama mas Darwis dan senior senio lain yang lebih berpengalaman :D




Sukses terus buat Mas Darwis, dan buat Pa Don.. sehat terus dan sukses terus yaa paa.. mudah mudahan kita bisa ketemu lagi dan bapa bisa cerita banyak lagi tentang negara baru yang bapa kunjungii :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar